FISIP UNTAN

Rektor Untan Apresiasi Himapol Fisip Untan Adakan Seminar Kebangsaan

“Tema seminar yang digagas oleh Himapol Fisip Untan ini sangat tepat ditengah momentum kita selesai mengadakan sebuah event prosedur demokrasi, yaitu Pemilu memilih anggota Parlemen pusat dan daerah serta memilih Presiden dan wakil Presiden RI,” kata Prof Garuda Wiko saat memberi sambutan Seminar kebangsaan di Gedung Konferensi Untan, Kamis (23/5/2019).

Prof Garuda Wiko mengatakan, dalam sistem politik yang demokratis, pelaksanaan Pemilu hanyalah salah satu bagian dari prasyarat minimal dari prosedur demokrasi atau sebagai konsep inti (conceptual core) dari demokrasi.

“Hakekat penyelenggaraan Pemilu adalah, selain memastikan bahwa rakyat yang berdaulat, tapi yang terpenting dari proses demokrasi melalui Pemilu adalah tidak menimbulkan implikasi yang negatif bagi stabilitas, keamanan, dan keutuhan sebagai sebuah bangsa,” katanya.

Prof Garuda Wiko menghimbau kepada masyarakat agar situasi politik yang memanas dalam dua hari terakhir pasca Pemilu serentak 2019 dapat disikapi secara bijak dan arif oleh seluruh elemen masyarakat, termasuk mahasiswa.

“Jangan sampai polarisasi sosial dan politik yang terjadi selama tahapan Pemilu semakin melemahkan semangat kebangsaan dan meretakkan persatuan sesama anak bangsa,” tegasnya.

Ia juga berharap, kegiatan Seminar Kebangsaan ini setidaknya dapat menyejukkan situasi sosial dan politik yang sedang memanas dalam beberapa hari ini. “ Mari kita rajut persatuan, dengan modal itulah kita bisa lebih maju sebagai sebuah bangsa,” harapnya.

Seminar Kebangsaan ini juga di hadiri oleh Wakapolda Kalbar Brigjend Pol Sri Handayani, Rektor Universitas Panca Bakti (UPB) Pontianak Dr. Purwanto S.H M.Hum, Dekan Fisip Untan Dr. H. Martoyo MA. Adapun narasumber yakni Umi Rifdiyawati S.H M.H selaku Presidium JaDi Kalbar, Pdt Paulus Ajong MTh dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kalbar, Tokoh masyarakat Kalbar Prof. Dr. H. Chairil Effendi M.S, Dr. jumadi M.Si PhD selaku Pengamat Politik Kalbar, Febri Rahmat selaku Ketua Himpol Indonesia dan Giat Anshorrahman dari Pokja Rumah Demokrasi. (Kur)

Sumber : admin, untan.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *