FISIP UNTAN

Mengajak Menjaga Pantai Mahasiswa Komunikasi FISIP UNTAN lakukan Kegiatan Bersih-bersih Pantai

Semua itu terjadi di sebabkan kurangnya kesadaran bersama, baik pemerintah daerah mau pun masyarakat setempat dalam menjaga kebersihan. 

Satu diantara komunitas mahasiswa di Kota Pontianak yaitu komunitas Yok Jage Pantai karya anak Ilmu Komunikasi ini menggerakkan kesadaran atas kebersihan pantai. 

Kesadaran ini muncul karena begitu banyak kelestarian alam yang harus dijaga bersama, maka komunitas Yok Jage Pantai membuka kegiatan bersih-bersih pantai bagi seluruh panitia dan juga volunteer. 

Ketua komunitas, Dea Dewi Patmawati mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) untuk menjaga pantai, menggalakkan aksi buang sampah, yang bergerak juga di media sosial khususnya intagram @yok.jagepantai. 

“Kami juga membuka volunteer dari beberapa daerah yang memang berkeinginan untuk ikut dan kegiatan ini dilaksanakan Sabtu (3/8) di Palm Beach,” ujarnya. 

Adapun tujuan ini juga untuk mengkampanyekan kepada masyarakat bahwa pentingnya menjaga kebersihan pantai dan membudayakan bawa pulang sampahmu ketika datang ke pantai. 

Lanjutnya, dengan adanya kegiatan ini, ia juga berharap sebagai seorang mahasiswa terutama di era digital agar bisa terus mengkampanyekan jaga pantai melalui media sosial. 

“Meningkatkan kesadaran dan mengajak masyarakat khususnya anak muda dengan unggahan positif yang bisa merubah kesadaran,” imbuhnya.

Selain itu, tidak hanya di pantai saja, semoga perilaku yang kecil dari #bawapulangsampah bisa terus berkembang seperti jika liburan ke gunung ataupun tempat wisata lainnya, Agara alam tetap indah dan bersih dari sampah. 

Dea Dewi Patmawati
Ilmu Komunikasi Fisip Untan

Dengan adanya kegiatan ini semoga banyak kesadaran yang tumbuh bagi masyarakat dan juga khususnya para mahasiswa yang suka pergi liburan ke pantai ataupun gunung. Cara ini dirasa tepat untuk terus mengkampanyekan jaga pantai atau dengan hastag #bawapulangsampahmu di setiap media sosial kita,” 

Nama Lengkap: Anggela Juniati,  
Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Untan

“Alasan utama saya ikut kepanitiaan yok jage pantai ini karena memang saya merasa miris sekali melihat Indonesia, baik dalam segi lingkungan maupun SDM nya. Indonesia yang dicap sebagai negara Indah sekarang dicap sebagai negara sampah.  Yang semestinya dari pelabelan itu,  masyarakat Indonesia sadar akan perbedaan kata indah yang menjadi kata sampah. Yok.jage pantai ini menurut saya adalah saluran terbaik untuk orang muda khususnya Kalimantan Barat berkampanye tentang kebersihan dan merubah pelabelan buruk tentang negara sampah di Indonesia”.

Nama lengkap : Parida
Jurusan Ilmu Komunikasi

“Saya parida sebagai panitia divisi humas, kegiatan ini bertujuan untuk mengarahkan anak milenial akan kesadaran untuk mengaja lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.  Kegiatan ini berupa sebuah aksi bersih pantai, alasannya kami melihat banyaknya sampah-sampah yang berada di pinggaran pantai karena kurangnya kesadaran pengunjung jadi kami berinisiatif mengarahkan anak muda untuk menjadi volunteer di kegiatan aksi ini. Menurut saya pribadi kegiatan ini sangat bermanfaat bagi saya, dengan mengikuti kegiatan saya merasa lebih peduli akan lingkungan dan merasa malu ketika hendak membuang sampah sembarang”.

Nunung Hernawati
Alumni Komunikasi Fisip Untan 

Sebagai volunteer alasan ikut kegiatan yok jage pantai karna dari diri pribadi yang sadar bahwa kebersihan itu penting untuk menjaga keindahan tempat. Bukan hanya tempat wisata, tetapi untuk semua tempat. Kita ingin menjadikan contoh ke orang lain, untuk menjaga kebersihan. Dalam komunitas ini semoga masyarakat sadar atas sampah yang mereka buang dan tidak membuang sampah sembarangan untuk menjaga kebersihan pantai”.


Sumber : Maudy Asri Gita Utami, TribunPontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *