PELATIHAN E-LEARNING: Komunitas Dosen Untan Semangat Berlatih

pelatihan e-Learning komunitas

Pontianak, Wedunews  Pelatihan e-learning komunitas dosen Untan semangat berlatih menggunakan MOODLE sebagai sistem yang menjawab kebutuhan pembelajaran di era informasi.

PKM bertajuk pelatihan  Workshop e-Learning Dosen Universitas Tanjungpura yang diselenggarakan selama 4 hari ini bermitra dengan pihak PIU IDB 7in1 Untan dan UPT.TIK  di gedung GDLN Untan, sejak Senin hingga Kamis 18 sampai 21 Juli 2016.

Pelatihan e-learning komunitas dosen untan ini diikuti sekira 160 dosen dari seluruh fakultas di lingkungan Untan. Antusiasme peserta sudah tampak sejak Senin (18/7),

Pelatihan e-Learning Komunitas

 

Walaupun durasi waktu pelatihan cukup panjang, namun peserta tetap bertahan dari sesi pagi hingga berakhirnya pelatihan pada sore hari. Tidak hanya itu, peserta juga antusias didalam setiap sesi pelatihan yang berlangsung intensif dengan beragam materi dan latihan bersama.

Pelatihan e-Learning komunitas dosen untan ini penting didukung semua pihak, utamanya komunitas dosen sebagai penggerak pembelajaran non konvensional di Untan. Sedangkan institusi berperan di dalam mendorong dan memfasilitasi kebutuhan pengguna e-Learning, termasuk pelatihan dan pendampingan teknis.

“Kapasitas peran kami sebatas mendukung LMS (Learning Management System) Portal Learning ini agar dapat bekerja stabil, aman dan lancar. Modifikasi MOODLE ini berjalan di protokol domain dan hosting official Untan, mengenai pengembangan isi, aktivitas dan pemanfaatannya bergantung kepada kreativitas masing-masing pengguna (dosen dan mahasiswa),” jelas Dr.Hery Sujaini, disela-sela kegiatan pelatihan.

Komunitas Dosen Untan Semangat Berlatih Moodle

Kepala UPT.TIK Untan ini juga menambahkan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu wujud komitmen dan dukungan unit yang ia pimpin guna meningkatkan kapasitas dosen dalam mengelola e-Learning, sehingga pemanfaatan portal e-learning semakin optimal.

“Dosen dapat menggunakan fitur-fitur yang tergolong lengkap dan tersedia didalam sistem, semakin diolah dan diasah maka semakin mahir dan familiar kita memanfaatkan MOODLE,” ujar dia.

MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) adalah platform open source learning management system (LMS) yang mengusung prinsip-prinsip social construction pedagogy, standar edukasi kampus berkelas, digunakan lebih dari 70 ribu komunitas terdaftar, di 222 wilayah di dunia. LMS standar Moodle ini memudahkan dosen untuk mengintegrasikan berbagai sumber, proses dan hasil belajar pada laman portal kuliah daring berikut kelengkapan fiturnya.

Pihak penyelenggara juga menjelaskan bahwa workshop e-Learning merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya yang saling berkaitan sejak setahun terakhir. Sehingga workshop ini merupakan bagian terpenting di dalam penerapan teknis di lapangan.

Sementara itu, semangat peserta tercermin hampir di sepanjang sesi pelatihan. Peserta terlibat aktif dalam interaksi bersama pemateri, tim teknis. Suasana kelas pelatihan demikian cair dan akrab, jauh dari kesan formal. Peserta dosen sering bertanya hal-hal spesifik dan teknis serta merespon langsung dengan mengerjakannya diperangkat laptop masing-masing.

berita terkait:

Workshop e-Learning, Dosen Untan Antusias Berlatih MOODLE

 

Intensitas pelatihan cukup tinggi dengan materi yang padat, sehingga banyak peserta yang merasa sesi pelatihan ini belum cukup bagi mereka untuk diadaptasi. Namun sebagai tahap pengenalan dan memicu keinginan untuk menggunakan, dianggap oleh banyak peserta sudah memadai.

“Kami ingin pelatihan e-Learning ini juga bergulir di setiap fakultas dan disinergiskan bersama peran unit lain yang berkompeten,” ujar Sutarman, salah satu peserta dari Fakultas Pertanian Untan.

Workshop e-Learning ini bertujuan memperkuat komunitas dosen e-learning, meningkatkan pemanfaatan sistem melalui aktivitas dan learning object masing-masing dosen, serta meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dosen dalam pembelajaran elektronis.

baca juga:

Antusiasme Dosen Untan Berlatih MOODLE

Dari tujuan workshop itu, diharapkan tercapai target sebanyak mungkin konten yang sesuai standar learning object. Target minimal 100 konten lokal pada semester gazal 2016/2017, dengan 10% dosen pionir e-Learning yang memperkuat komunitas Untan.

Topik materi pelatihan yang disampaikan cukup banyak, beragam dan spesifik mulai dari konsep e-Learning, akses ke portal, mengelola laman courses, mengenali navigasi, membedah administrasi situs, mengaktifkan fitur sumber daya dan aktifitas, mengatur fitur (lesson, page, glosari, book, link, file, folder, assignment, quiz, forum, chatting, dsb), meng-embed video/image, membuat soal quiz, evaluasi grade dan report, simulasi learning object, hingga memproduksi konten learning animasi video scribe by Sparkol.

E Learning Moodle Menjawab Kebutuhan Dosen dan Mahasiswa Untan

pelatihan elearning dosen
pelatihan elearning dosen
pelatihan elearning dosen
e-learning moodle
berlatih moodle

(Rilis/Dd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *