FISIP UNTAN

Ratusan Mahasiswa Antusias Ikuti Seminar Ravelnas Himapol

Ratusan Mahasiswa Antusias Ikuti Seminar Ravelnas Himapol

Pontianak, Fisipnews. Ratusan Mahasiswa Antusias Ikuti Seminar Ravelnas Himapol. Pembukaan Ravelnas Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (Himapol) se-Indonesia yang diselenggarakan Fisip Untan dibuka dengan seremoni dan dua tema seminar nasional di Auditorium Universitas Tanjungpura Pontianak, pada Selasa (21/02).

Ratusan Mahasiswa Antusias Ikuti Seminar Ravelnas Himapol

Dalam acara pembukaan ravelnas himapol ini, tampak hadir Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, Pimpinan Universitas, jajaran Dekan, undangan serta civitas akademika Fisip Untan.

Adapun dua seminar nasional yang di gelar pada ravelnas Himapol ini, bertemakan ‘Politik Kebangsaan, Penguatasan Demokrasi Lokal, dan Mewujudkan Good Local Governance’, serta pada seminar kedua bertemakan ‘komitmen negara terhadap wilayah perbatasan’.

Baca: Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Indonesia Gelar Evaluasi Kerja Nasional

Ratusan mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan Pontianak tampak memenuhi kursi di ruangan Gedung Auditorium Untan.  Kendati demikian, peserta tampak tertib dan antusias mengikuti prosesi pembukaan dan seminar.

Peserta Antusias Ikuti Seminar

Antusiasme tidak hanya terlihat dari ramainya undangan dan peserta yang hadir. Namun juga tercermin dar beberapa pendapat beberapa mahasiswa yang hadir dan mengikuti seminar.  Mereka mengutarakan pandangannya terkait pentingnya kegiatan ini.

“Seminar ini diharapkan dapat membentuk dan menjalankan komitmen negara terhadap kawasan perbatasan dengan memfokuskan berbagai problem di daerah perbatasan.”  Kata Veronika mahasiswa Fisip.

Setelah menyimak penjelasan yang disampaikan para narasumber, ia menangkap beberapa substansi dari pemateri dan menyimpulkan bahwa banyak permasalahan wilayah perbatasan yang mendasar dan kompleks. Seperti pos perbatasan masih kurang, transportasi umum terbatas, pengamanan belum maksimal, infrastuktur tidak merata, dan koordinasi yang lemah.

“Kita ketahui bahwa insfrastruktur memang belum di laksanakan secara merata mengingat masih banyak masyarakat yang harus berjalan kaki melewati jalan tanah untuk menuju pasar tempat perbelanjaan dengan jarak tempuh berpuluh kilometer. Hal ini bisa terjadi disebabkan infrastruktur yang tidak merata.” Kata Veronika.

Peserta Antusias Ikuti Seminar.

Mahasiswa lain turut menanggapi jalannya seminar di sesi kedua dengan moderator dosen Ilmu Politik Fisip Untan,  Ira Patriani S.IP, M.Si.

Menurut Yosep, seminar terlebih dahulu memaparkan materi terkait upaya komitmen negara terharap wilayah perbatasan dengan perspektif pembangunan HanKam yang disampaikan oleh Kolonel Infanteri Basuki Ahmad, S.IP sebagai perwakilan dari Pangdam XII Tanjungpura Pontianak.

“Paparan diawali dengan pertanyaan bagaimanakah peran TNI dalam menjaga kedulatan dan keutuhan NKRI terutama di wilyah perbatasan? Sebagaimana diketahui bahwa TNI adalah unsur HanKam yang sangat berperan penting dalam menjaga wilyah RI, terutama di wilayah perbatasan yang jauh dari pusat pemerintahan dan sering kali mengalami permasalahan yang dapat mengganggu kedaulatan negara.” Kata Yosep.

Disampaikan juga mengenai faktor-faktor pemicu yang menyebabkan timbulnya masalah-masalah tersebut. Seperti infrastruktur yang tidak memadai, buruh, permasalahan ekonomi seperti kebutuhan hidup masyarakat perbatasan yang sering kali bergantung dari negara tetangga.

Diakhir pemaparan, Kolonel Infanteri Basuki Ahmad, mengatakan bahwa komitmen negara terhadap daerah perbatasan sangat besar melalui HanKam yang melibatkan unsur TNI. Harus ada kebijakan baru dari pemerintah mengenai penanganan daerah perbatasan. Bukan hanya membangun fisik, tapi juga non fisik.

Kedepannya kita harus membangun wilayah perbatasan, adanya lembaga otoritas perbatasan yang melibatkan seluruh kementerian/lembaga, baik pemerintah pusat maupun daerah, dalam penanganan pembangunan di perbatasan dengan kewenangan otoritas yang luas dan memadai. Karena perbatasan adalah wajah terdepan negara, garda terdepan dari NKRI.

Re-written kontributor fisipnews.
photo source: TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SYAHRONI

TAGS: Ratusan Mahasiswa Antusias Ikuti Seminar Ravelnas Himapol. Ratusan Mahasiswa Antusias Ikuti Seminar Ravelnas Himapol. Ratusan Mahasiswa Antusias Ikuti Seminar Ravelnas Himapol.Ratusan Mahasiswa Antusias Ikuti Seminar Ravelnas Himapol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *