FISIP UNTAN

KOMAHI UNTAN Menyeleksi Calon Pengurus Baru

komahi

Pontianak, FISIP UNTAN, – KORPS Mahasiswa Hubungan Internasional (KOMAHI) UNTAN memasuki babak baru setelah melakukan pemilihan President Operational Director pada tanggal 4 April 2017. President Operational Director KOMAHI UNTAN yang baru, Lucky Reza, dibantu dengan beberapa dosen di Program Studi Hubungan Internasional melakukan proses seleksi terhadap calon pengurus yang baru. Proses seleksi dilakukan melalui dua tahapan, yaitu pendaftaran administrasi dan wawancara.

Tahap pendaftaran dilakukan secara online dengan mengisi formulir pendaftaran sejak tanggal 12-20 April 2017. Tahap wawancara dilaksanakan pada tanggal 21 April 2017 bertempat di Aula FISIP UNTAN. Proses wawancara dilaksanakan terhadap 17 mahasiswa semester 2 dan 4 Hubungan Internasional UNTAN. Adapun sebelumnya mereka diminta untuk memilih department apa yang ingin mereka geluti. Wawancara dibantu oleh Bapak Hardi Alunaza Saradiwa, Ibu Laras Putri Olifiani, dan Bapak Adityo Darmawan Sudagung selaku pengajar di Program Studi Hubungan Internasional.

Selama wawancara para kandidat begitu antusias yang ditunjukkan dengan jumlah yang cukup banyak hingga Aula FISIP UNTAN penuh dan ramai. Wawancara dimulai sejak pukul 13.00 WIB dan berakhir hingga pukul 17.00 WIB. Para kandidat ditanyai beberapa hal meliputi pengalaman organisasi, prestasi yang pernah diraih, alasan mendaftar sebagai pengurus KOMAHI, komitmen, kemampuan diri, dan usulan program yang direncanakan.

Beberapa kandidat cukup kompeten di bidangnya karena memiliki pengalaman organisasi yang cukup banyak. Kemampuan berbicara mereka juga baik dengan lugas menjawab beberapa pertanyaan. Bahkan ketika ditanya mengenai pandangan mereka terhadap hubungan antar angkatan dan harapan mereka atas hal itu, jawaban mereka rata-rata sangat optimis ke depan akan lebih baik. Semoga KOMAHI dapat menjadi rumah yang nyaman bagi semua anak HI UNTAN.

Menurut President Operational Director KOMAHI UNTAN, Lucky Reza, proses wawancara ini akan dijadikan salah satu pertimbangan dalam memilih staf di kepengurusan beliau. Seleksi kandidat dilaksanakan melalui scoring. Seleksi memprioritaskan kandidat dengan skor tertinggi yang diberikan oleh masing-masing penanya.

“Kami berusaha menyaring para peminat disesuaikan dengan kebutuhan kepengurusan. Beberapa kandidat yang potensial juga sudah ditandai.” – Lucky Reza, President Operational Director KOMAHI UNTAN 2017

Eca, panggilan akrab Ibu Presiden, juga tidak menutup kemungkinan akan mengakomodir para kandidat yang belum beruntung terpilih untuk diberdayakan dalam kegiatan-kegiatan KOMAHI UNTAN. Bahkan menurut beliau, pendaftar sebenarnya berjumlah 52 orang. Namun, karena terdapat kendala waktu sehingga baru 17 orang yang bisa diwawancarai. Ibu Presiden juga menyatakan tidak menutup kemungkinan untuk melakukan wawancara sesi II. Menimbang tingginya animo para calon kandidat yang menghubungi pengurus inti untuk meminta wawancara susulan.

Ketua KOMAHI menambahkan selain aspek nilai, mereka juga akan mempertimbangkan aspek-aspek afektif maupun potensi yang ada di dalam setiap kandidat. Diharapkan ke depan KOMAHI UNTAN akan lebih baik lagi dari tahun ke tahun. Selamat bekerja para pengurus! Selamat berkarya! Harumkanlah nama KOMAHI UNTAN ke seluruh penjuru dunia. (Prodi Hubungan Internasional/Adityo Darmawan Sudagung)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *