FISIP UNTAN

Energi Baru HMPS dalam Musyawarah Tahunan 2017

Energi Baru HMPS dalam Musyawarah Tahunan 2017

Pontianak, FISIP UNTAN;- Suara-suara mahasiswa tampak meramaikan ruang diskusi di Aula Gedung Balai Kelestarian Budaya dan Sejarah Kota Pontianak pada Sabtu (03/06/2017). Semangat untuk aksi berorganisasi terlihat di setiap wajah mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Pembangunan Sosial (HMPS) FISIP Universitas Tanjungpura. Kebersamaan untuk menyemai warna-warni kreativitas ide dan aksi sangat diperlukan untuk bisa berkontribusi secara positif di kampus dan masyarakat.

Setiap kepengurusan organisasi memiliki batas periode waktu dan perlu pengkaderan agar bisa berkelanjutan. Oleh karena itu, kali ini HMPS mengadakan pergantian pengurus melalui kegiatan Musyawarah Tahunan (Musta). Imam Hidayat selaku ketua panitia pelaksana Musta menyatakan tujuan kegiatan Musta, “Tema musyawarah tahunan HMPS tahun ini adalah revitalisasi guna meningkatkan soliaritas jiwa kepemimpinan yang intelektual dan profesional”.

Telah disepakati bersama mengenai anggota HMPS adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pembangunan Sosial yang telah mengikuti program Diklat HMPS. Dalam forum ini juga membahas dan merevisi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) untuk pedoman periode selanjutnya. Selain itu, Musta diadakan untuk menjaring dan memilih pemimpin baru di organisasi kemahasiswaan HMPS.

Musta HMPS 2017 dibuka oleh Wakil Dekan III FISIP Universitas Tanjungpura, Drs. Sabran Achyar, M.Si. dan Ketua Program Studi Pembangunan Sosial, Dr. Indah Listyaningrum, M.Si.. Beberapa mahasiswa perwakilan dari beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa di lingkup FISIP Universitas Tanjungpura juga turut menghadirinya. Dalam sambutannya, Drs. Sabran Achyar M.Si menegaskan bahwa “HMPS harus mengerjakan program kerjanya yang bisa meningkatkan kualitas mahasiswa itu sendiri karena keberhasilan organisasi merupakan kebanggaan semua orang, sedangkan kesalahan organisasi merupakan kegagalan pemimpin”. Fakultas, jurusan, prodi dan para dosen senantiasa memberikan apresiasi kepada keaktifan kegiatan-kegiatan mahasiswa.

Musta HMPS Untan 2017

Suasana Musta HMPS 2017

Ketua HMPS yang baru telah terpilih melalui mekanisme voting di dalam forum Musta dengan suara terbanyak adalah Muhammad Haziq. Bertepatan dengan bulan Ramadhan, acara Musta juga melangsungkan buka puasa bersama sembari semakin menguatkan kebersamaan.

Adanya Musta menjadi ajang pembelajaran bagi mahasiswa untuk bisa berembug bersama dengan logis, kritis, sistematis, peduli dan tanggungjawab sosial untuk mampu menyusun program kerja nyata serta mengevaluasi HMPS dalam totalitas pengabdian. Pendewasaan dalam berorganisasi juga perlu didorong untuk bisa menciptakan iklim demokratis di lingkungan kampus, progresif, solid, solidaritas dan berkomitmen.

Peran HMPS sebagai wadah mahasiswa juga perlu membina hubungan yang komunikatif dengan seluruh civitas Universitas Tanjungpura.  Harapan bersama dengan kepengurusan HMPS yang baru bisa membawa arah, proses dan tujuan organisasi yang lebih baik. Tentunya adanya harapan baru maka perlu bersiap dengan tantangan yang baru. Semangatlah HMPS!.

 

(Reporter: Widy Toyibah / Editor: Agus Yuliono)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *