FISIP UNTAN

Seminar Public Speaking dan Motivasi pada Mahasiswa Baru Pembangunan Sosial

Pontianak, FISIP UNTAN;- Kembali lag program Studi Pembangunan Sosial, FISIP, Universitas Tanjungpura menggelar agenda Confident Week 2017 bagi Mahasiswa Baru angkatan 2017. Bertempat di Aula Dinas Wakil Walikota Pontianak (30/09/2017), acara tersebut mengusung tema “Percaya Diri, Menggapai Mimpi”, yang menghadirkan Komunitas Sosial Beting Pintar dan Senyum Kapuas, Perwakilan Alumni Prodi lintas angkatan, serta tiga akademisi dari Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Untan.

Rangkaian Agenda Confident Week Pemsos 2017 terdiri dari dua agenda utama, Temu Alumni dan Komunitas Sosial kemudian dilanjutkan dengan Seminar Public Speaking, First Impression, serta Self Motivation.

Dr. Indah Listyaningrum, M.Si. selaku ketua Prodi Pembangunan Sosial dalam sambutan menuturkan tujuan kegiatan. Confident Week diselenggarakan guna membantu mahasiswa baru melewati masa transisi dari lingkungan sekolah menengah ke lingkungan kampus maupun dari tahapan remaja menuju dewasa yang tentunya butuh bekal pengetahuan, motivasi dan penanaman karakter mahasiswa yang ideal. Masa transisi selalu membawa problematika ketika diri mahasiswa baru tidak memiliki prinsip, perencanaan dan tujuan yang jelas. Bahkan bisa berefek potensi dalam diri mahasiswa tidak bisa berkembang secara maksimal.

“Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa baru dan ke depannya dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dengan konsep yang dinamis dan variatif”, kata Dr. Indah Listyaningrum, M.Si.

Membawakan materi tentang Public Speaking, Audy Nuju Priyono salah seorang Tenaga Kemahasiswaan Fisip Universitas Tanjungpura yang memiliki banyak bakat mengungakapkan tips dan trik terkait kecakapan berbicara di depan publik sebagai bekal bagi mahasiswa baru.

Seminar Public Speaking dan Motivasi pada Mahasiswa Baru Pembangunan Sosial

Audy Nuju Priyono, salah satu narasumber berbagi tentang Public Speaking

 

Senada dengan Audy,   Zakiah Hasan Gaffar, Ph.D. yang merupakan dosen Prodi Pembangunan Sosial juga memberikan bekal bagi mahasiswa baru. Beliau menuturkan bahwa tidak setiap individu dikaruniai fisik yang menarik tetapi kekurangan tersebut dapat ditutupi dengan memperhatikan penampilan ketika bertemu dengan orang lain. Wanita yang menyelesaikan studi master dan doktor di Australia tersebut juga menjelaskan bahwa sebagai individu, manusia diberikan kemampuan untuk memperhatikan penampilan yang berpengaruh terhadap penilaian publik terhadap setiap individu.

“Memperhatikan penampilan itu sangat penting, sebab penampilan adalah First Impression kita terhadap orang lain,” ungkap Zakiah Hassan Ghaffar, Ph.D..

Salah satu mahasiswa baru prodi Pembangunan Sosial Okta Aditya mengaku bahwa agenda Confident Week 2017 merupakan acara yang sangat memotivasi diri terutama untuk para mahasiswa baru. Acara dikemas dalam bentuk yang sangat menyenangkan dengan tetap membawa esensi yang bermanfaat sehingga terlihat suasana kekeluargaan yang sangat akrab.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kristin Maria Indriasih. Baginya, serangkaian agenda Confident Week 2017 sangat berkesan dan memberikan banyak pelajaran serta pengetahuan baru bagi para mahasiswa baru.

“Dari komunitas yang hadir di agenda Confident Week saya mengambil pengajaran bahwa indahnya berbagi dan saling menolong serta mengabaikan diri terhadap anak-anak. Kemudian banyak pengajaran atau ilmu yang dapat diserap, mulai dari bagaimana cara Public Speaking serta harus ulet dalam segala hal dan jangan minder,” Kristin Maria Indriasih berbagi kesan pengalaman dan pengetahuan yang telah didapatkan setelah acara berlangsung. Acara ditutup dengan sesi foto bersama serta pembagian hadiah oleh Ketua Program Studi Pembangunan Sosial kepada empat peserta terbaik.

 

(Reporter: Alfi Syahrini, Laskar Pembangunan Sosial 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *